1,5 Hektar Lahan Gambut Terbakar

LUBUKLINGGAU, B4L – – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Lubuklinggau melaporkan kebakaran 1,5 Hektar lahan gambut di wilayah Kelurahan Watas Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan, Kamis (1/8/2019) sekitar pukul 13.15 WIB.

“Untuk penyebab kebakaran sendiri belum diketahui, bahkan pemilik lahan untuk saat ini juga belum diketahui,”kata Kepala DPKPB Kota Lubuklinggau Luhfi melalui petugasnya Rico, Kamis.

Dikatakannya jika kronologis tersebut, sekitar pukul 13.15 WIB, petugas mendapat laporan dari warga bahwa telah terjadi kebakaran lahan di Kelurahan Watas, lalu anggota regu yang piket langsung menuju lokasi kebakaran. Dan dengan cepat memadamkan api dan langsung melakukan pendinginan.

Lanjutnya tindakan Yang dilaksanakan DPKPB Kota Lubuklinggau yakni langsung melakukan pemdaman api dan menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran.

“Api saat ini sedang dilakukan tahap pedinginan,”terangnya.

Sementara sebelumnya Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono pernah menghimbau kepada masyarakat melalui Babinkamtibmas jangan membakar lahan atau hutan ataupun sampah, karena bisa menyebar sampai kemanana-mana.

Dan pihaknya menyebarkan himbauan itu melalui pamflet, hibauan dan brosur-brosur yang sudah dibagikan kepada masyarakat, dan ia meminta tolong jangan membakar hutan.

“Sebab apabila melakukan pembakaran lahan, dapat dikenakan sanksi pidana dalam Undang-undang lingkungan hidup, dan sudah ada yang di penjara menjadi tersangka akibat melakukan pembakaran hutan,”tegasnya.(sukma).

Leave A Reply

Your email address will not be published.