Joncik Ingin Semua Masyarakat Kabupaten Empat Lawang Mendapat Akses Kesehatan Yang Terjangkau

EMPAT LAWANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Empat Lawang yang sudah mempunyai bank darah sendiri sehingga masyarakat yang membutuhkan tranfusi darah tidak perlu lagi meminta ke Kabupaten tetangga.

Hal tersebut disampaikan H Joncik Muhammad Bupati Empat Lawang saat meresmikan Markas PMI dan Sekretariat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Empat Lawang, Jum’at (17/6/2022).

Pada kesempatan tersebut Joncik juga membuka Launching Unit Tranfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) yang berlokasi di RSUD Kabupaten Empat Lawang.

Dalam sambutannya Joncik Muhamamd mengapresiasi kinerja Hj Hepy Safriani yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan karena telah bekerja maksimal sehingga bank darah bisa Kabupaten Empat Lawang.

“Bank darah sangat penting, selama ini bank darah kita ke Linggau ke Lahat, dengan adanya bank darah yang juga merupakan cita-cita saya saat menjadi Bupati ditahun ke-4 ini bisa terwujud,

Perhari ini kita sudah punya gedung nan mega sebagai markas PMI, Sekretariat IDI dan mempunyai bank darah sendiri. Salah satu tugas negara salah satunya harus bisa meng-cover hak masyarakat dalam mencari akses kesehatan yang mudah, dekat, murah dan gratis bagi warganya,” ungkap Joncik Muhammad.

Hj Hepy Safriani, SKM., M.Kes ketua PMI Kabupaten Empat yang biasa dipanggil Bunda menjelaskan sejak selesainya pembangunan UPTDRS Kabupaten Empat Lawang, mereka sudah mulai menerima para pendonor darah dan saat ini stok darah sudah di simpan di bank darah.

“Alhamdulillah antusias masyarakat yang mendonorkan darah sehingga saat ini stok darah kita sudah memadai. Untuk stok darah A sebanyak 9 kantong, darah B sebanyak 4 kantong dan darah O ada 6 kantong,”ungkap Bunda Hepy.

Masih sambung Bunda Hepy, saat ini UPTDRS masih terus menerima para pendonor darah.” Bagi masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Empat Lawang yang ingin mendonorkan darah silakan datang ke UPTDRS yang berada di belakang pintu masuk RSUD,”ajak Bunda Hepy.

Bunda juga memaparkan kegiatan PMI Kabupaten Empat Lawang dalam bidang kesehatan maupun sosial akan terus berlangsung kepada masyarakat yang tertimpa musibah.” Kegiatan tetap memberikan bantuan secara langsung kepada setiap musibah di kabupaten Empat Lawang, juga tahun depan kita akan sudah merencanakan untuk mengadakan khitanan masal di seluruh Kabupaten Empat Lawang,” tutup Hj Hepy Safriani Joncik.(WAR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.